"Orang boleh pandai setinggi langit tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan sejarah. menulis adalah bekerja untuk keabadian" (Pramoedya Ananta Toer)

Sabtu, 31 Desember 2011

ASAKU


Mungkin sudah lebih dari tiga bulan ini
Bbiasaya setiap pagi aku berdiri di depan cermin 
Sekedar melihat-lihat wajahku

Namun beberapa hari terakhir ini aku seperti bermusuhan dengan cermin, 
Cermin yang biasa kuakrapi tiap pagi atau saat menjelang petang hilang
Aku acuh saja pada penampilan, pikirku 
"siapa juga yang akan perhatikan aku", 
Dan untuk siapa aku berdandan toh hidup begi-begi saja.

Berbagai polimik kehidupan seperti tak mau hengkang dari kehidupan
Ingin rasanya aku memuntahkan lahar kemarahan pada setiap yang kujumpai. 
Namun aku tak berdaya. Akhirnya aku harus hidup dalam kepura-puraan.

Hari ini adalah puncak dari sesuatu yang belum sepenuhnya aku pahami
Kepala tak mampu membentur tembok kekuasaan.

Saat tangan memegang kepala, tak senagaja mengusap dagu
Aku sempat terkejut saat tangan mengusap dagu, 
Kamu tahu kenapa jenggot sudah lebat
Hahahah ini adalah cara lain mengusir rasa sumpek .........

Tidak ada komentar: