"Orang boleh pandai setinggi langit tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan sejarah. menulis adalah bekerja untuk keabadian" (Pramoedya Ananta Toer)

Sabtu, 07 April 2012

BERITA, BUKAN ANTI KRITIK

“Saya tidak suka pada :teman-teman yang ada di Malang, Organisasi  (……)  menjadi hancur-berantakan karena kritikan….”

Tak Ada Masalah Dengan Saya

Kutipan di atas itu saya dengar dari teman yang saat ini masih kuliah di Malang, dan sekaligus diarahkan kepada teman-teman di Malang saya khususnya. Bahkan menurut keterangan teman yang menyampaikan kepada saya, sayalah orang yang mengkritik dan saya pulalah yang menjadi penyabab kehancuran organisasinya.

Dengan sikap penuh lugu teman saya itu bertanya dan mengira saya pernah berkomentar sesuatu di jejering sosial-nya. Saya pun menjawab “seingat saya, saya belum pernah berkomunikasi atau memberikan stedment apapun di/pada orang itu”, itu seingat saya, tapi wallahua’alam.


Mendengar pernyataan dan ungkapan ketidak sukaan  … pada saya, saya menjadi heran dan balik bertanya “memang saya pernah berkomentar apa dan organisasi yang hancur gara-gara kritikan saya itu apa?”. Hingga akan berpamitan pulang saya belum menemukan satu kejalasan mengenai organisasi yang dimaksud.

Di sini saya tidak hendak melakukan pembelaan atas apa yang dituduhkan, akan tetapi menjadi penting “saat teman menyampaikan” saya tahu atas tuduhan itu, pertama  saya “tidak merasa menghancurkan organisasi apapun”, kedua saya belum tahu organisasi yang dimaksud. Keingintahuan saya pun berhenti saat itu, saya berpikir ada hal yang lebih urgen untuk saya flow up dari pada berita yang tak jelas itu.

Saya berterimakasih banyak pada teman yang telah menyampaikan informasi itu pada saya. Dengan demikian saya tahu hal yang belum saya ketahui. Tentu informasi semacam ini akan memperkaya khasanah sekaligus sebagai auto kritik bagi saya. Jika saja teman saya tidak bercerita saya tidak tahu kalau ada orang yang tidak suka terhadap saya.
Betapa bermanfaatnya silaturrahim yang singkat kala ini, banyak hal yang saya ketahui.

Melalui silaturrahim singkat ini pun saya berkesempatan untuk menegaskan bahwa tak ada masalah atas segala informasi yang beredar mengenai teman-teman juga saya, bangaimana pun penilaian orang atas teman-teman di Malang atau saya, saya pribadi tetap  terima dengan segala keterbukaan hati. “perlu saya luruskan di sini bahwa sebenarnya kami dan teman-teman yang lain tak merasa memperlakukan sebagaimana diinformasikan, toh bila ada dari antara orang yang mengatakan distruktif atas keberadaan teman-teman dan saya itu hal biasa, namun jangan dianggap biasa dalam artian kita harus mengimbangi informasi dengan sikap yang dialektis akademis.

Ironi
Ironi, ya saya melihat sebuah keironian pada informasi yang disampaikan pada teman itu. Saya bilang demikian, karena ungkapan itu semakin menegaskan ada sesuatu yang beku dalam paradikma “mereka”, menjadi benar adanya. Saya tidak perlu mengklarifikasi apa lagi sampai menindaklanjuti berita sumir semacam di atas. Namun bagaimanapun hal itu akan tetap menjadi satu atensi khusus bagi saya untuk lebih berhati-hati.
Menjadi aneh bila sebuah organisasi anti kritik.

Harusnya organisai terbuka terhadap kritik apapun, menurut saya justru kritik  itu menjadi satu hal penting dalam organisi, karena bila organisai itu anti kriktik perlu dipertanyakan dan harus dibubarkan. Bila organisasi “anti kritik”, mengingat saya pada kisah orde baru di mana pada masa itu kritik sangat jarang, tak adanya kritik bukan berarti tak ada masalah dalam sistem, sebagaiman kita tahu orde baru yang anti keritik akhirnxa hancur dan menjadi sejarah pahit.

Jika mengacu pada sejarah bangsa yang anti kritik dan organisai yang belum jelas bentuknya itu “hancur” memang mungkin harus begitu. Bahkan saya berterimakasih bila organisasi itu benar-benar hancur sebagaimana disampaikan teman pada saya. Karena bila organisai anti keritik itu tumbuh subur, akan menjadi berbahaya “bisa-bisa akan berdampak pahit sebagaimana terjadi pada masa ordebaru”. Bukan tidak mungkin organisasi ‘anti kritik’ itu akan menjadi sebuah pergerakan yang hanya menuhankan dirinya.

Anti Kritik “Norak”

“Demokrasi, sebuah anugrah  bagi satu Negara atau kutukan”. Ungkapan itu mewakili sebagian keluhan yang berkembang  di masyarakat. Tapi bukan berarti kita harus berjalan mundur dengan kembali pada sistem  lama “anti demokrasi, anti kritik”.

Demokrasi memang bukan satu-satunya sistem yang baik di dunia.  Demokrasi sebagai sistem negara bukan tak ada masalah atau tanpa masalah, namun dia menjadi alternatif  yang meminimalkan masalah. Bagaimanapun demokrasi harus tetap kita pertahankan, tentu dengan segala perbaikannya.

Apa relefansi demokrasi dengan anti kritik, demokrasi dan antri kritik memang dua hal yang berbeda. Anti kritik adalah cara yang tidak demokratis, sebaliknya demokrasi sangat membuka ruang terhadap kritik. Anti kritik memandang kebenaran dari satu arah, sedangkan demokrasi mengakomudasi berbagai perbedaan untuk memperoleh kebenaran “mendekati benar”.

Kemudian apa kaitannya dengan ungkapan teman yang disampaikan pada saya. Dari apa yang saya dengar itu mencerminkan tidak adanya keterbukaan, dan hanya memandang kebenaran yang bersumber atas dirinya. Bila tidak, harusnya dia melakukan  klarifikasi dulu mengenai pandagannya sebelum disampaikan pada orang lain.

Saya merasa heran, ternyata negara yang mengajarkan demokrasi “terbuka terhadap perbedaan dan kritik” dan toleransi ini masih ada orang yang anti kritik. Menurut saya demokrasi ini adalah sdbuah proses keterbukaan yang bisa merubah iklim menjadi lebih harmonis dan dinamis, maka bila ada orang yang anti kritik=”norak” .

Tidak ada komentar: